Selamat Datang di UPT PSDA Bah Bolon, Dinas PSDA Provinsi Sumatera Utara, Jl. Asahan Km. 3,5 Pematang Siantar

Selasa, 06 Desember 2016

A.Lokasi

Bah korah II/ negeri bosar terletak di bagian tengah Kabupaten Simalungun di Kecamatan Siantar dengan jaraknya berkisar 3 km dari Pematang siantar. Desa terbesarnya adalah Kampung Tambun di bagian tengah, Kampung Gurgur di bagian timur, Kampung Tomuan di bagian utara dan Kampung Marihat di bagian selatan.
Daerah proyek ini dibatasi oleh Bah Biak di sebelah selatan dan timur dengan Pematang siantar di utara dan daerah Bah korah I di sebelah barat.

B. Topografi dan Sungai

Topografi di daerah ini umumnya memiliki kemiringan denga variasi elevasi dari 570 m di bagian timur dan 340 m di bagia barat. Sumber air utama di daerah ini berasal dari Bah Biak, Bah Korah, Bah Bolon, Bah Sorma, dan Sungai Bah Binoman.
Ada 8 bangunan penyadap utama yang ada dan satu intake yaitu penyadap utama Bah Biak (C.A=126,4km2), penyadap utama Bah Korah II pada sungai Bah Korah (C.A= 62 km2), penyadap utama Negeri Bosar pada sungai Bah Binoman (C.A= 147,5 km2), bangunan penyadap utama Tomuan I  pada anak sungai kecil , banguna penyadap Tomuan II dan bangunan penyadap Tomuan III pada sungai Bah Sorma , pintu besi bangunan penyadap pada Sungai Bah Bolon dan free intake Marihat pada Sungai Bah Biak.
Penyadap Utama Bah Biak yang mempunyai daerah yang dialiri sebesar 39 ha dan sekitar 350 m dari saluran yang menghubungkan Bah Korah sekitar 920 m pada hulu Bah Korah II yang direhabilitasi pada tahun 1982 karena aliran Bah Korah pada penyadap tidak dapat mengairi area irigasi.
Bangunan penyadap kebun sayur pada sugai kecil menerima air irigasi kebanyakan dari saluran Bah Korah II dan hilir lahan dan mengairi 72 ha sawah. Bangunan penyadap pada anak sungai kecil juga menerima air irigasi dari Bah Korah II, daerah hulu irigasi dan juga menerima air dari bangunan penyadap Tomuan III seperti penyadap pintu bosi. Penyadap Tomuan III pada Bah Sorma sekitar 200 m pada hulu dari bangunan penyadap Tomuan III yang mengaliri 11 ha sawah.
Bangunan penyadap Tomuan III pada Bah Sorma menambah air ke kanal Tomuan yang menyatu pada HM 34+87. Bangunan penyadap Pintu Bosi pada Bah Bolon mengairi 2 ha sawah dan menambah air pada saluran Tomuan dan bersatu di titik akhir (HM 45+19).
Bangunan penyadap Negeri Bosar pada Bah Binoman mengairi86 ha dari sawah yang ada yang terletak pada bagian utara daerah proyek.

C. Daerah Irigasi dan Praktek Irigasi

Keseluruhan dari Bah Korah II/ Negeri Bosar adalah 2.025 ha termasuk sawah 1.841 ha, desa 1 jalam 127 ha, sluran 18 ha, dan daerah 39 ha. Daerah ini termasuk 129 ha dari simpang panei karena daerah ini menerima air dari Bah Korah II.

D. Sumber Air

Air Irigasi dari Bah Korah II/ Negeri Bosar diambil dari Bah Biak, Bah Korah, dan Sungai Bah Binoman melalui pintu pengambilan Bah Biak, Bah Korah II, Negeri Bosar, dan bangunan penyadap Marihat. Bangunan penyadap Bah Biak mengairi daerah irigasinya sendiri seluas 39 ha dan mengairi bangunan penyadap Bah Korah II pada sungai bah korah.

Waktu PSDA Bah Bolon

UPT PSDA Bah Bolon. Diberdayakan oleh Blogger.

UPT PSDA BAH BOLON

UPT PSDA BAH BOLON

Alih Bahasa

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Total Klik

Page Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net powered by Domain is Banned

Lokasi Kantor