Selamat Datang di UPT PSDA Bah Bolon, Dinas PSDA Provinsi Sumatera Utara, Jl. Asahan Km. 3,5 Pematang Siantar

Selasa, 06 Desember 2016





A.Lokasi
Daerah ini terletak di sebelah barat Kabupaten Simalungun di Kecamatan PAnei dengn ajrak 13 km dari  Pematang siantr. Desa utama di daerah ini adalah Kampung Perlanggean di bagian pusat, kampong Banya, Kampung Panambean Simalungun, Kampung Pelita Siatasan dan Kampung Torub di bagian utara, Kampung Panambean di bagian timur, Kampung Parbagotan, Kampung PAnambean Toba di bagian selatan dan Kampung Marjandi Pisang, Kampung Marjandi Parsaoran di sebelah barat di daerah.

Daerah ini dikelilingi sungai Bah Binoman di selatan dan timur melalui sungai Bah Bona di barat dan utara.
B. Topografi dan sungai
Topografi ini dikarakteristikkan kemiringannya sedang dengan variasi elevasi 681m di sebelah barat dan 517 di sebelah timur.
Sumber air utama di daerah ini diambil dari Sungai Bah Binoman melalui intake bangunan penyadap bah binoman. Bangunan penyadap mempunyai 2 daerah yaitu daerah Panambean yang terletak di sisi kiri dan daerah Panei Tongah di sisi kanan.
Situasi intake di daerah sub proyek dan daerah lain di sungai-sungai ditunjukkan pada diagram berikut:
E. fasilitas drainase dan irigasi yang ada
1). Bangunan Penyadap Utama
Bangunan penyadap yang ada di Bah Binoman terletak di sungai Bah Binoman hanya sebagai hilir sungai hingga daerah yang dituju dan bentuk bendung yang ada cenderung berbentuk terjunan. Banguna penyadap diperlukan dengan struktur intake yang mempunyai 2 pintu sliding vertical dan bagian yang tergerus dengan satu pintu peggelontoran. Banugnan penyadap yang ada di Bah Binoman mempunyai 2 intake yaitu yang kiri umtuk daerah Panambean sementara yang kana untuk Panei Tongah. Struktur pengukuran aliran intake belum dibuat.
2).Sistem saluran irigasi
Daerah Panambean ini ada saluran utama sepanjang 6.350 m, saluran sekunder sebayak 7 saluran dengan total panjang 13.493 m dan satu saluran depan 1.253 m dengan total panjang 21.096m. saluran sekunder yang ada kepadatannya 19,40 m/ha. Kebanyakan saluran telah tergerus dan bagian yang tidak teratur akibat erosi disebabkan kekurangan struktur saluran yang dibutuhkn seperti terjunan, air terjun, struktur penyilangan dan operasi peeliharaan yang diperlukan.
Sekarang ini, total struktur 143 sepanjang saluran primer dan sekuder. Banyak struktur sudah hancur dan perlu diganti atau direhabilitasi sekitar 1.400 m dan saluran sepanjang 1.008 telah penuh denga sebagian lintasan.
Semua saluran yang ada didesain ulang dalam bentuk yang teratur dan dikostruksikan dengan yang baru. Saluran sekunder Marjandi, saluran sekunder Sipinggan, saluran sekuder Perlanggean, saluran sekunder Bah pane dan saluran sekunder Panambean Simalungun mengalirkan secara langsung dari saluran utama Panambean di HM 11+48, HM 36+28, HM38+16, HM 42+96, HM 54+64.
Saluran sekunder SIpinggan A dan Sipinggan B mengalirkan dari saluran sekunder Sipinggan di Hm 20+15 dan HM 36+10 masing-masing. Di saluran depan Perlanggean mengalirkan dari Saluran sekunder Perlanggean di HM 29+12.
Total 5.295m dan 1.668 m di kanal akan dilintasi penuh.
Diantara 143 struktur yang ada, 77 aka direhabilitasi, 31 diganti baru, 32 dimanfaatkan dan 3 dihilangkan/ditiadakan.

Waktu PSDA Bah Bolon

UPT PSDA Bah Bolon. Diberdayakan oleh Blogger.

UPT PSDA BAH BOLON

UPT PSDA BAH BOLON

Alih Bahasa

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Total Klik

Page Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net powered by Domain is Banned

Lokasi Kantor